Tentang Kami

Tentang CLM

Mendukung penggunaan tes Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang efektif dan tepat, maka Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan berbagai pihak menciptakan Corona Likelihood Metric atau CLM.

CLM merupakan kalkulator pertama di Indonesia untuk melakukan skrining mandiri yang menggunakan model machine learning dalam mengukur kemungkinan Anda positif COVID-19.

Dengan teknologi ini, Anda dapat menemukan jawaban dari pertanyaan seperti "Apakah saya mungkin positif corona?", "Apakah saya perlu tes?", dan "Apa yang sebaiknya sekarang dapat saya lakukan?".



Bagaimana CLM Bekerja?

Pembuatan Machine Learning

Proses pembentukan mesin CLM ini dimulai dengan data preprocessing, yaitu dengan membersihkan data yang ada sehingga siap dipelajari oleh model machine learning kami. Kami kemudian membangun beberapa versi model machine learning dengan 80% dari data yang ada. Performa model-model tersebut kami uji dengan menggunakan beberapa kriteria, yaitu akurasi, presisi, dan sensitivitas dengan menggunakan 20% data pengujian (testing data).

Model dengan performa terbaik selanjutnya dievaluasi untuk mesin CLM ini, yang kemudian dapat digunakan masyarakat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai persentase kemungkinan positif Covid-19.

Sebagai catatan, mesin ini terus kami pantau dan update dengan menggunakan data terbaru yang kami dapat.